Manajemen Pemasaran
Aspek Lingkungan
Ekonomi, Pola Konsumsi, dan Perkembangan Pasar
Ekonomi dunia atau ekonomi
global secara umum merujuk ke ekonomi yang didasarkan pada ekonomi nasional semua negara di dunia. Ekonomi global juga dapat dipandang sebagai
ekonomi masyarakat global dan ekonomi nasional – yaitu ekonomi masyarakat
setempat, sehingga menciptakan satu ekonomi global. Ekonomi dunia dapat
dievaluasi dengan berbagai cara.
Sistem perekonomian adalah
sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang
dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya
adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.
Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi.
Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut dipegang oleh pemerintah.
Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain
faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut
mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan
hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil
produksi. Sementara pada perekonomian
pasar (market economic), pasar lah yang mengatur
faktor-faktor produksi dan alokasi barang maupun jasa melalui penawaran dan permintaan.
Perkembangan pasar merupakan sebuah usaha yang dilakukan dalam
meningkatkan penjualan dari hasil produk yang dihasilkannya. Kegiatan ini
merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas
perusahaan.
Pola konsumsi adalah kegiatan manusia yang mengurangi atau
menghabiskan guna barang atau jasa yang ditujukan langsung untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya.
Neraca pembayaran merupakan suatu catatan yang meringkas
transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu
tertentu. Neraca pembayaran terdiri dari lima komponen utama, yaitu:
neraca transaksi berjalan, neraca modal,neraca finansial, selisih perhitungan
bersih, dan lalu lintas moneter.
Perdagangan luar negeri atau perdagangan internasional merupakan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk disuatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud disini adalah individu satu dengan individu yang lain, antar individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Perdagangan luar negeri merupakan salah satu dari dua kekuatan ekonomi yang melatarbelakangi perekonomian Indonesia saat ini. Dibukanya suatu perekonomian Indonesia terhadap hubungan luar negeri mempunyai konsekuensi yang luas terhadap perekonomian dalam negeri.
Lingkungan Legal dan Peraturan, dan Aspek Lisensi dan Antitrust
Hukum internasional adalah bagian hukum yang mengatur aktivitas entitas berskala internasional. Pada awalnya,
hukum internasional hanya diartikan sebagai perilaku dan hubungan antarnegara
namun dalam perkembangan pola hubungan internasional semakin kompleks
pengertiannya. Hukum internasional juga mengurusi struktur dan perilaku
organisasi internasional dan pada batas tertentu, perusahaan multinasional dan
individu.
organisasi kawasan (OK)
adalah organisasi internasional (OI) yang beranggotakan beberapa negara dan
mencakup badan geopolitik yang
operasinya tidak memandang batas negara-bangsa.
Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini
termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik
barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau
jasa yang dilisensikan.
Sistem keuangan internasional merupakan sebuah sistem yang
mengacu pada institusi keuangan serta
pelaku di dalamnya yang mengatur prosedur dan hukum terkait kegiatan keuangan internasional yang berdasarkan atas
kesepakatan dari pihak-pihak yang terlibat di
dalamnya.
Valuta
Asing merupakan sebuah alat pembayaran yang sering digunakan dalam transaksi
perdagangan internasional. Tidak semua mata uang asing dapat digunakan sebagai
alat transaksi perdagangan internasional, tetapi harus melakukan penukaran
terlebih dahulu dengan mata uang yang berlaku secara internasional.
Pengaruh Fluktuasi Mata Uang Tehadap Perekonomian
Tingkat mata uang memiliki dampak
langsung pada aspek ekonomi yaitu sebagai berikut:
·
Perdagangan Barang Dagangan
Ini mengacu pada perdagangan
internasional seperti ekspor atau impor. Secara umum, mata uang yang lebih lemah
akan merangsang ekspor dan membuat impor lebih mahal sehingga bisa mengurangi
defisit perdagangan suatu negara dari waktu ke waktu. Depresiasi mata uang
domestik adalah alasan utama mengapa bisnis ekspor tetap kompetitif di pasar
internasional.
·
Arus
Modal
Modal asing cenderung mengalir ke negara-negara yang memiliki pemerintahan kuat, ekonomi dinamis dan mata uang yang stabil. Suatu negara perlu memiliki mata uang yang relatif stabil untuk menarik modal asing. Jika tidak, maka prospek kerugian kurs yang ditimbulkan oleh depresiasi mata uang dapat menghalangi investor asing.
Sistem Informasi Dan Riset Pemasaran Global
Sistem
informasi global adalah sebuah sistem dari jaringan-jaringan yang melintasi
batas-batas negara. Definisi lain dari Sistem Informasi Global adalah sebuah
sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk penyimpanan,
pengambilan, pemetaan dan analisis data geografis.
Riset pemasaran adalah proses atau
serangkaian proses yang menghubungkan produsen, pelanggan, dan pengguna akhir
dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan
menentukan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan, memperbaiki, dan
mengevaluasi tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan meningkatkan
pemahaman pemasaran sebagai suatu proses.
Tehnik kerja riset pemasaran internasional, Kebanyakan
studi riset pemasaran dilakukan melalui suatu urutan tugas :
·
Mendefinisikan
masalah dan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung proses pengambilan
keputusan manajemen. Dalam mendefinisikan masalah ada dua pertimbangan penting
yaitu struktur pasar dan konsep produk. Struktur pasar mengacu pada luas pasar,
tahap perkembangannya, jumlah pesaing dan pangsa pasar mereka, dan saluran yang
digunakan untuk mendekati pasar. Pentingnya struktur pasar dalam definisi
masalah diperlihatkan oleh suatu studi Reader’s Digest tahun
1963, yang melaporkan bahwa konsumen prancis dan jerman lebih banyak memakan
spaghetti disbanding konsumen italia. Penemuan ini salah. Studi tersebut hanya
memperhatikan spaghetti kemasan,spaghetti bermerek,dan bukan konsumsi total
spaghetti. Kita asumsikan seorang pemasar internasional tertarik memasarkan
suatu produk merek yoghurt di inggris dan Thailand. Untuk itu, definisi masalah
di dua Negara itu harus dibedakan. Di inggris, yoghurt mungkin dianggap sebagai
produk yang menyehatkan dan membuat santai yang dikonsumsi sebelum tidur. Di
Thailand, riset menentukan bahwa yoghurt di anggap sebagai makanan energy yang
di konsumsi untuk menambah tenaga.
·
Mengidentifikasi
sumber informasi alternative. Setelah didefinisikan, harus di tentukan di mana
informasi penting dapat ditemukan dan bagaimana mendapatkannya. Dalam beberapa
kasus, studi bisa saja terbatas pada data sekunder, yaitu, informasi dari
penerbitan yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
·
Pengumpulan
data. Pengumpulan data yang actual harus direncanakan dan dilaksanakan dengan
hati-hati.
·
Analisis,interpretasi,
dan penyiapan laporan. Sebagai langkah akhir, yaitu penyiapan laporam, data
harus dianalisis dan diinterpretasikan. Dalam penyiapan laporan ini, sifat
budaya suatu Negara juga harus diperhatikan.
Referensi :
https://bbs.binus.ac.id/ibm/2018/04/lingkungan-ekonomi
http://danjunisme.com/wp-content/uploads/2018/03/Pertemuan-7-Aspek-Ekonomi-Sosial-dan-Lingkungan.pdf
https://students.warsidi.com/2017/06/sistem-informasi-global-dan-penerapannya-oleh-perusahaan-multinasional.html
Komentar
Posting Komentar