Langsung ke konten utama

llmu Budaya Dasar

Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4

Konsep Pemasaran Global, Kekuatan yang Mendorong dan Menghambat, Orientasi Manajemen dan Bisnis Internasional.

Konsep atau Fungsi Pemasaran Universal adalah kegiatan-kegiatan fungsional yang dilakukan pemasar untuk melakukan pemasaran. Fungsi-fungsi tersebut antara lain adalah pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standardisasi dan klasifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan dan pengendalian informasi pemasaraan (misalnya iklan). Contohnya adalah perusahaan motor honda dalam pemasaran menggunakan jasa biro iklan.

Dalam Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global terdapat tahap - tahap dari Pemasaran Domestik Ke Pemasaran Global yaitu :

1.      Pemasaran Domestik

Pemasaran Domestik adalah pemasaran yang secara nyata ditunjukkan pada pasar dalam negeri disebut pemasaran domestik. Orientasi mereka adalah bersifat “ETHNO CENTRIC”, yaitu bahwa sifat pasar atau Konsumen dimanapun akan sama , sehingga manajemen memandang pasar Domestik padat dengan peluang yang jauh lebih aman.

2.       Pemasaran Ekspor

Pemasaran Ekspor adalah tahap pertama untuk menanggapi kesempatan pasar di luar negeri. Pemasar ekspor menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalam negeri untuk memasok pasar ini. Fokus dalam tahap ini adalah memanfaatkan produk dan pengalaman dalam negeri.

3.      Pemasaran Internasional

Pemasaran Internasional adalah Bertindak lebih jauh lagi dari pemasara ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.

4.      Pemasaran Multinasional

Pemasaran Multinasional adalah Organisai pemasaran internasional mulai dengan menfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.

5.      Pemasaran Global / Transnasional

Pemasaran Global / Transnasional adalah Menfokuskan pada pemanfaatan asset, pengalaman dan produk perusahaan secara global dan pada melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalan setiap negara. Konsep ini mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik.

Beberapa Strategi yang dilakukan untuk memasuki Pasar Global yaitu :

1.      Melakukan Ekspor-Impor

 

2.      Membuka kantor perwakilan atau cabang

Pembentukan sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya disebut sebagai Greenfield Venture atau usaha ladang-hijau. Tindakan ini merupakan sebuah proses yang kompleks dan berpotensi akan memakan biaya besar, tetapi strategi ini memiliki keunggulan karena memiliki kontrol maksimum kepada perusahaan sehingga jika berhasil berpotensi memberikan laba di atas rata-rata. Hal ini secara khusus benar untuk perusahaan yang memiliki kapabilitas tidak berwujud .

 

3.        Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi.

Perusahaan pemberi Lisensi  (Licensor) membuat persetujuan dengan menerima Lisensi (Licensee) bahwa Licensee memperoleh Hak untuk menggunakan Proses / Teknologi Produksi, Merk Dagang, Paten dsb,  dengan membayar Fee / Royalty kepada Licensor . Licensor dalam hal ini memperoleh manfaat , yaitu dapat memasuki pasar Asing dengan Risiko Rendah. Contoh : DISNEYLAND  mengeluarkan Lisensi untuk memproduksi dan memasarkan produknya : - Donald Bebek, Mickeymouse, dll.

 

4.      Melakukan Franchising

Yaitu bentuk kerjasama tertulis antara pihak Franchisor dan Franchise diberi hak untuk   mendistribusikan Produk atau Jasa tertentu dalam periode dan Wilayah tertentu serta cara-cara  yang ditentukan oleh Franchisor. Contoh :  MC. Donald, KFC. Dll.

 

5.      Membuka Usaha Patungan atau Joint Venture

Investor luar negeri dapat bergabung investor lkal untuk membentuk usaha patungan dimana mereka membagi kepemilikan dan control. Perusahaan luar neheri mungkin kekurangan sumber daya finansial atau manajerial atau manajerial untuk menjalankan usahanya.

 

6.      Melakukan Akuisisi Perusahaan Lain

Akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau asset suatu perusahaan oleh perusahaan lain, dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengambilalih atau yang diambil alih tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.

Keuntungan akuisisi diantaranya adalah :

·         akuisisi dapat menyediakan akses cepat ke sebuah pasar yang baru

·         akuisisi dapat memberikan jalan untuk ekspansi internasional

sedangkan kelemahan dari akuisisi adalah :

·         pendanaan yang mahal sehingga seringkali diperlukan pendanaan melalui utang.

·         negosiasi internasional untuk akuisis dapat menjadi kompleks karena dihadapkan pada syarat-syarat hukum dan perundang- undangan di negara tuan rumah dan perusahaan sasaran dan mendapatkan informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian.

Bisnis internasional merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari segala bentuk transaksi komersial yang dilakukan oleh dua negara atau lebih (John D. Daniels, 2013).


Kekuatan-kekuatan yang Mendasari Bisnis Internasional

Globalisasi pasar menjadi cepat terwujud disebabkan beberapa faktor berikut (Rusdin, 2002)

1.      diterapkannya secara meluas sistem dan kebijakan perdagangan bebas

2.      perkembangan teknologi, khususnya telekomunikasi dan informasi

3.      terjadinya perubahan peta kekuatan politik dunia akibat hancurnya sosialis komunis, khususnya di negara Eropa Timur dan eks-Soviet, yang mengakibatkan unggulnya sistem kapitalis.

Kekuatan yang mendasari bisnis internasional (BI) berorientasi pada management oriented. Orientasi adalah asumsi atau keyakinan yang sering kali tidak disadari mengenai sifat dunia ini. Dalam hal ini, ada tiga orientasi yang menjadi pedoman dalam BI, yaitu etnosentris, polisentris, dan geosentris, yang kemudian diperluas menjadi regionsentris.

Etnosentris adalah suatu asumsi atau keyakinan negeri asal sendirilah yang lebih unggul. Seseorang dengan orientasi ini melihat persamaan dalam pasar dan percaya bahwa produk dan kebiasaan yang sukses di negeri sendiri yang unggul. Karena itu, harus dipakai di mana-mana. Dalam perusahaan etnosentris, operasi di luar negeri dianggap kurang penting dibandingkan domestik, terutama dilakukan untuk melempar kelebihan produksi domestik. Rencana untuk pasar luar negeri dikembangkan di kantor dalam negeri menggunakan kebijakan dan prosedur yang identik dengan yang dipakai di dalam negeri. Tidak ada riset pemasaran sistematis yang dilakukan di luar negeri, tidak ada modifikasi produk yang cukup mendasar, dan tidak ada perhatian yang sungguh-sungguh pada kebutuhan pelanggan di pasar luar negeri.


Perencanaan Pemasaran Global, dan Tahap – Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional

Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global.

Dimensi-dimensi utama dalam pemasaran global:

  1. Lingkungan pemasaran global
  2. Segmentasi pasar global
  3. Pemasaran dengan sasaran global
  4. Merumuskan strategi dan rencana pemasaran global
  5. Bauran pemasaran global
  6. Mengelola dan memimpin usaha pemasaran global


BEBERAPA KONSEP KUNCI

Ada 6 konsep kunci yang memberi dukungan ke arah pemahaman yang lebih baik mengenai kesempatan dan tantangan dari pemasaran global. Konsep tersebut adalah strategi, perusahaan di Dunia, Pengelompokkan, segmentasi dan target pemasaran, kepekaan lingkungan, pengaruh yang mempersatukan dan membedakan, daur hidup produk/pasar, model daur perdagangan produksi

1.Strategi

Strategi telah didefinisikan sebagai respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada kenyataan dari organisasi pihak yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis.

2.Perusahaan di Dunia.

Beberapa aspek pemasaran global memiliki perbedaan dari pemasaran domestic :

·    Pertama adalah konteks atau lingkungan pemasaran global. 4 dimensi utama, yaitu produk, pasar yg dilayani, sumber daya dan keterampilan.

·   Perusahaan dunia yang berisi lebih dari 180 negara. Masing-masing Negara  memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dengan Negara lain. Walaupun setiap Negara dan territorial pada dasarnya unik, analisis statistic dari dimensi lingkungan utama maupun penilaian manajerial setuju bahwa kita boleh mengelompokkan beberapa Negara, yang sebenarnya mempunyai lingkungan pasar yang berbeda, agar persamaan dalam yang ada dalam kelompok dan perbedaan antar kelompok menjadi jelas.

3.Pengelompokkan, Segmentasi dan Target Pemasaran

Karakteristik pasar nasional di seluruh dunia berbeda cukup besar dalam banyak dimensi kunci. Karakteristik pasar lain yang penting adalah ukuran luasnya. Geografi adalah kriteria pengelompokan dengan makna yang besar. Negara yang saling berdekatan mempunyai beberapa persamaan. Jadi kita mempunyai pasar Amerika Utara, pasar Eropa, dan pasar kawasan Pasifik. Bahasa dan budaya adalah karakteristik lain yang membedakan pasar. Dalam industri media, hal ini amat signifikan. Dunia dibagi-bagi ke dalam kelompok atau segmen bahasa : Mandarin, Inggris, Spanyol, dan lainnya. Berbagai Negara dapat dikelompokkan ke dalam segmen bahasa dan budaya yang melintasi batas geografi, pendapatan dan ukuran.

4.Kepekaan Lingkungan

Suatu cara yang paling berguna utk melihat produk secara internasional adalah menempatkannya dalam rangkaian kepekaan lingkungan. Di salah satu ujung dari rangkaian terletak produk yang tidak peka terhadap lingkungan, yang tidak memerlukan penyesuaian besar terhadap lingkungan ekonomi dan sosial dari pasar di seluruh dunia.

5.Pengaruh yang mempersatukan dan membedakan

Konsep ini didasarkan pada fakta bahwa dalam setiap situasi ada aspek yang unik maupun yang serupa.Aspek unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh yang menyatukan.Apabila analisis sebuah pasar hanya memfokuskan pada aspek yang unik atau yang serupa, hsilnya adalah analisis sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan akan terlalu standar atau terlalu berbeda.

6. Daur Hidup Produk/Pasar

Konsep DHP terbentuk dengan baik dalam pemasaran. Pengertian umum DHP adalah bahwa suatu produk mempunyai karakteristik atau kehidupan normal dengan urutan awal atau kelahiran dan pertumbuhan cepat (tahap pertumbuhan), diikuti dengan pertumbuhan yang kecepatannya menurun, tidak ada pertumbuhan, penurunan dan akhirnya , untuk melengkapi metafora, mati. Daur hidup pasar adalah konsep yang berkaitan. Pasar ada tahap awalnya, tahap pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan. Suah perusahaan yang berkecimpung dalam pemasaran global akan mengetahui bahwa tidak semua pasar berada pada tahap perkembangan yang sama. Misalnya : produk yang sama mungkin berbeda dalam posisebi dewasa di sebuah Negara dan pada tahap pertumbuhan di Negara lain. Sehingga strategi  pemasaran yang memadai untuk produk tersebut akan berbeda untuk setiap pasarnya (negaranya).


TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL : TIPOLOGI DINAMIS

Ada 5 tahap dalam evolusi perusahaan transnasional, yaitu : Domestik, Internasional, Multinasional, Global dan Transnasional.

Tahap 1 : Domestik

Strategi                                     : Domestik

Model                                       : Tidak ada

Pandangan mengenal dunia     : Negara sendiri

Orientasi                                  : Etnosentris

Aset kunci                                : Lokasi di negara sendiri

Peran unit negara                     : Satu negara

Pengetahuan                             : Negara sendiri

 Contoh negara dan produk       : Pt.Semen Padang (Indonesia) merupakan produsen semen

Moto yang tidak disadari dari perusahaan : “Bila tidak terjadi di negara ini, hal itu tidak akan terjadi”


Tahap 2 : Internasional

Strategi                                     : Internasional

Model                                       : Federasi terkoordinasi

Pandangan mengenal dunia      : Perluasan pasar

Orientasi                                   : Etnosentris

 Aset kunci                                : Inti tersentralisasi dan yang lainnya tersebar

Peran unit negara                      : Mengadaptasi dan meningkatkan kompetensi

Pengetahuan                              : Diciptakan dipusat dan dialihkan

Contoh negara dan produk        : Perusahaan Tongda Group Holdings (China) merupakan  produsen suku cadang logam berukuran kecil

 

Tahap 3 : Multinasional

Strategi                                     : Multinasional

Model                                       : Federasi tersentralisasi

Pandangan mengenal dunia      : Pasar nasional

Orientasi                                   : Polisentris

Aset kunci                                 : Terdesentralisasi dan memenuhi kebutuhan sendiri

Peran unit negara                      : manjajaki peluang lokal

Pengetahuan                              : Dipertahankan dalam unit operasi

Contoh negara dan produk        : Perusahaan Dunkin Donuts (US) merupakan produsen donat

 

Tahap 4 : Global

Strategi                                      : Global

Model                                        : Kegiatan tersentralisasi

Pandangan mengenal dunia       : Pasar atau sumber daya global

Orientasi                                    : Campuran

Aset kunci                                 : Semuanya di negara sendiri kecuali pemasaran

Peran unit negara                       : Pemasaran atau mencari pemasok

Pengetahuan                              : Pemasaran dikembangkan dan dipakai bersama

Contoh negara dan produk        : Perusahaan Adidas (Jerman) merupakan produsen baju dan sepatu

 

Tahap 5 : Transnasional

Strategi                                     : Transnasional

Model                                       : Jaringan terpadu

Pandangan mengenal dunia      : Pasar dan sumber daya global

Orientasi                                   : Geosentris

Aset kunci                                 : Tersebar saling tergantung dan terspesialisasi

Peran unit negara                      : Kontribusi pada perusahaan di seluruh dunia

Pengetahuan                              : Semua fungsi dikembangkan dan dipakai bersama

Contoh negara dan produk        : Perusahaan Mitsubishi (Jepang) merupakan produsen mobil




Sumber Referensi :

https://fatihhadii.blogspot.com/2018/10/pemasaran-domestik-ke-pemasaran-global.html

 http://mirtasetyarini.blogspot.com/2015/12/pemasaran-global.html

https://www.hestanto.web.id/bisnis-internasional/

http://rissahjrynt.blogspot.com/2019/10/perencanaan-pemasaran-global-dan-tahap.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Direct And Indirect Speech

Direct and Indirect Speech with Detailed Explanation Definition of Direct Speech Saying exactly what someone has said is called direct speech (sometimes called quoted speech) Here what a person says appears within quotation marks ("...") and should be word for word. For example: She said, "Today's lesson is on presentations." or          "Today's lesson is on presentations", she said. Definition of Indirect Speech Indirect speech is also known as Reported Speech, Indirect Narration or Indirect Discourse. In grammar, when you report someone else’s statement in your own words without any change in the meaning of the statement is called indirect speech. Quoting a person’s words without using his own word and bringing about any change in the meaning of the statement is a reported speech. Look at the following sentences: Direct Speech: She says, “I am a little bit nervous.” Indirect Speech: She says that she is a little bi...

A story of romantic love

A story of romantic love Sweet Valentine: Baker Emily Jones decorates chocolate hearts at the Lake Champlain Chocolates factory in Burlington, Vermont, on Feb. 11.AP/Toby TalbotFor many, February is the month of romance. Valentine’s Day on Feb. 14th gives people a momentum to celebrate love and express it to their object of affection. The classic formula to mark the occasion usually includes a romantic dinner for two, red roses, chocolate, candy and a greeting card. For those with more money to spend, a holiday getaway and jewelry might come into the picture. Those skeptical of the day’s hype might refuse to partake in the consumerist frenzy, saying that love should be celebrated on any day of the year. Romantics, who love the special occasion, meticulously plan their activities on Valentine’s Day. And there are those who don’t mind being given a reason to be romantic [4]. But for every type of person holding different opinions on Valentine’s Day, romantic love is...

Passive Voice

  PASSIVE VOICE Transitive verbs  have both  active  and  passive  forms: active passive The hunter killed the lion. >>   The lion was killed by the hunter. Someone has cleaned the windows >>   The windows have been cleaned The passive forms are made up of the verb  be  with a  past participle : be past participle English is spoken all over the world The windows have been cleaned Lunch was being served The work will be finished soon They might have been invited to the party We sometimes use the verb  get  to form the passive: Be careful with the glass. It might  ge...